Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Mengajak Anak-Anak Kelompok B2 TK Pancasila 1 Bercocok Tanam dengan Teknik Hidroponik Menggunakan Media Styrofoam

  • Jan 24, 2023
  • Admin Desa Lembuak

Sabtu (14/01/2023) anak-anak kelompok B2 dari Taman Kanak-kanak (TK) Pancasila 1, Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, bersama dengan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram melakukan kegiatan belajar sambil bermain di luar ruang sekolah. Kegiatan yang dilakukan yaitu menanam sayuran bersama anak-anak kelompok B2 dengan rentang usia sekitar 6-7 tahun. Usia anak pada rentang 6-7 tahun merupakan keadaan dimana saat yang paling baik untuk  seorang anak mengembangkan potensi dan kemampuan beradaptasi yang tinggi dengan lingkungannya. Pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak TK tentang cara bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik yang sesuai dengan tema mahasiswa KKN Tematik Unram dalam melaksanakan KKN di Desa Lembuak ini yaitu pertanian maju dan berkelanjutan.

Pengenalan sains pada kelompok B2 yang berisikan teori atau konsep yang berhubungan satu sama lain berdasarkan hasil pengamatan, dapat mengajak anak berpikir kritis dari biasanya, dan sains yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak, seperti asal mula sayur yang mereka makan. Anak-anak TK akan diberi tahu bahwa sayur yang mereka makan berasal dari bibit dan akan berkembang sampai jadi sayuran siap di masak.

Wali kelas kelompok B2 menyampaikan bahwa “kegiatan bercocok tanam yang dikenal anak-anak menggunakan media tanah dan jarang  mengenal teknik hidroponik untuk menanam”. Media tanam yang diajarkan yaitu menggunakan Styrofoam. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelompok B2 TK Pancasila 1 desa Lembuak oleh Mahasiswa KKN Tematik Unram yaitu mengajarkan serta mengajak langsung anak-anak mencoba  menanam sayur-sayuran seperti selada, pakcoy dan sawi. Hal ini akan memberikan dampak yang baik terhadap perkembangan anak dan membantu mereka memahami proses pertumbuhan sayuran. Adanya pembelajaran bercocok tanam ini membuat anak-anak menjadi mengerti bagaimana konsep dari asal muasal sayuran yang mereka konsumsi.

Sebelum menanam anak-anak diberikan penjelasan tentang pengertian umum, cara, proses, tujuan, bahan, media tanam, dan alat pendukung lainnya. Secara edukasi perawatan tanaman hidroponik yang terdiri dari persemaian, penanaman, perawatan dan pemanenan membantu anak-anak untuk bisa peduli lingkungan, bertanggung jawab, dan disiplin serta mengembangkan aspek ketrampilan yang mengarah pada pengembangan kemandirian anak. Kegiatan tersebut dapat mengasah kemampuan berpikir kritis anak agar terbentuk pribadi yang mampu menghadapi, mengevaluasi, dan memberi solusi terhadap permasalahan yang dihadapinya dengan pengetahuan dan sumber yang telah di dapat dan dipatikan kebenarannya.

Hasil evaluasi setelah selesainya dari kegiatan pelatihan dan pengenalan tanaman hidroponik kepada anak-anak kelompok B2 di TK Pancasila sangatlah antusias. Hal ini nampak dari kecepatan dan ketepatan anak-anak tersebut dalam menyiapkan media tanam arang sekam sampai dengan menanam bibit. Luaran dari pelatihan dan pengenalan ini adalah untuk menanamkan pengetahuan bercocok tanam kepada anak-anak sejak dini dengan menggunakan Teknik hidroponik yang baik di lahan yang terbatas dan sayuran hasil panen bisa menjadi konsumsi sayuran sehat yang kaya akan vitamin untuk perkembangan anak

 

Author >> KKN Tematik UNRAM