Mahasiswa KKN Terpadu UNRAM Mengadakan Penyuluhan dan Sosialisasi dengan Tema "Pentingnya Pengolahan Limbah Organik Sebagai Pakan Maggot dan Menjadikan Maggot Sebagai Peluang Usaha"

  • Jan 16, 2023
  • Admin Desa Lembuak

Pada tanggal 3 Januari 2023 Mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram mengadakan penyuluhan dan sosialisasi dengan tema "Pentingnya Pengolahan Limbah Organik Sebagai Pakan Maggot dan Menjadikan Maggot Sebagai Peluang Usaha" kegiatan ini diadakan di Kantor Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan ini diawali dengan Sambutan oleh Bapak Syamsir Kadarisman selaku kepala desa lembuak dan Wafiq Laelatul Kodrianingsih selaku Ketua kelompok KKN Terpadu UNRAM.  Kegiatan selanjutnya penyampaian Materi sekaligus dengan sesi tanya jawab oleh Bapak Syarif Wiyardi, S. Adm kemudian dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh ketua kelompok KKN Terpadu kepada bapak Pemateri dan di akhiri dengan do'a bersama dan foto bersama.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu program kerja Utama dari mahasiswa KKN Terpadu UNRAM yang bertujuan untuk memotivasi masyarakat Desa Lembuak dalam mengembangkan budidaya maggot selain sebagai pengurai sampah organik dan menjadi pakan ternak, maggot juga dapat berpeluang usaha. 

Sosialisasi budidaya dan pemanfaatan maggot (Larva BSF) dihadiri oleh 30 orang diantaranya Perangkat Desa Lembuak, remaja dusun sebagai perwakilan masyarakat Desa Lembuak dan anggota kelompok KKN Tematik Unram yang sedang berkegiatan di desa Lembuak. 

Sosialisasi diharapkan dapat membantu warga menambah pengetahuan tentang maggot sebagai alternatif pakan ternak dan memanfaatkan limbah organik sebagai pakan maggot serta meningkatkan perekonomian desa.

Adapun sedikit informasi dari sosialisasi yang di sampaikan oleh pemateri bahwa Larva BSF atau maggot hidup dengan cara memakan limbah organik. Kemampuan maggot dalam menguraikan makanan terbilang cepat, dikarenakan maggot termasuk serangga yang cukup rakus dalam memakan makanannya sehingga cepat dalam menguraikan sampah organik. 

Pemanfaatan sampah sebagai pakan larva BSF menjadi salah satu strategi dan inovasi dalam sistem pengolahan sampah yang berperan dalam menguraikan sampah organik sehingga volume sampah yang diangkut ke TPA berkurang, dan residu sampah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai kompos. Selain dapat menguraikan sampah organik, larva BSF juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak alternatif untuk hewan ternak seperti unggas atau ikan air tawar. Larva BSF dapat mengonsumsi 58% sumber organik dari sampah kering sehingga menjadikan larva BSF memiliki protein yang tinggi untuk pakan ternak. 

Budidaya maggot terbukti tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi saja, tetapi juga dari segi lingkungan yang berkelanjutan. Semoga dengan hadirnya budidaya maggot BSF ini ke depannya dapat mengurangi permasalahan sampah yang selalu menghantui kita.

 

Author >> Wafiq Laelatul Kodrianingsih